Apple Kenalkan MacBook Pro dan MacBook Air Dengan Chipset M1

Jakarta, Selular. ID – Apple menepati janjinya, Apple memperkenalkan MacBook yang menggunakan CPU besutan Apple sendiri, chipset M1 yang berbasis ARM.

Pada event khusus yang digelar pada 11 November 2020, Apple secara resmi meluncurkan MacBook Pro dan MacBook Air. Apple sengaja menciptakan chipset M1 itu untuk deretan perangkat Mac dari keluarganya.

Dikutip Macrumours, untuk MacBook Air, desainnya tak berubah dibandingkan generasi sebelumnya, tapi itu mengganti prosesor Intel serta langsung melompat menggunakan M1.

Pengguna akan mendapatkan laptop tanpa kipas, yang diklaim Apple kinerja CPU-nya 3, 5 kala lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dan grafik hingga 5 kala lebih cepat.

Selain diperkuat dengan chipset M1, MacBook Air juga menggunakan 8 core GPU serta 16 core Neural Engine. RAM 8 GB dan 16 GB serta memori privat 512 GB dan 2 TB menjadi besaran kapasitas perangkat tersebut. SSD-nya juga dikatakan dua kala lebih cepat juga. Selain performa, pengguna juga akan mendapatkan era pakai baterai yang diklaim serupa lebih baik.

Untuk menjelajahi web dengan Wi-Fi, MacBook Air ini akan bertahan hingga 15 jam, memutar video dengan offline bisa berlangsung selama 18 jam. Itu 6 jam bertambah lama dari pendahulunya, dan kala pakai baterai terlama di MacBook Air.

Sedangkan MacBook Pro tampil dengan desain yang hampir sama dengan MacBook Air. Hanya saja, MacBook Pro datang dengan ukuran memori yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan MacBook Air.

Membaca Juga: Pekan Depan Apple Umumkan 3 MacBook Baru Berbasis ARM

MacBook Pro meluncur dengan kapasitas memori sebesar 256 GB dan 512 GB. Kapasitas memori ini masih dapat diperluas dengan memori berukuran 2 TB. Perangkat MacBook Pro diperkuat secara dua port Thunderbolt 4 & Jack Audio 3, 5 mm. MacBook Pro ini telah menggunakan kipas pendingian, Touch Bar dan sensor sidik jari yang terletak di bagian atas keyboard.

Mengenai harga, MacBook Minuman dijual dengan harga Rp 14 jutaan. Sedangkan MacBook Pro dibanderol dengan harga Rp 18 jutaan.