Audio Kualitas HiFi Segera Hadir di Apple Music

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta, Selular.ID – Apple Music kembali hadir dengan inovasi terbaru. Apple Music dikabarkan segera menghadirkan dukungan audio HiFi atau High Fidelity untuk pengalaman streaming musik yang lebih berkesan.

Namun Apple memberikan alasan, dukungan HiFi ke Apple Music akan memudahkan pelanggan Apple Music dan pemilik perangkat yang kompatibel, seperti model AirPods tertentu. AirPods tertentu seperti AirPods Pro, AirPods Max, dan yang lebih baru.

Mengingat bukti bahwa dukungan HiFi Apple Music dapat dibatasi hanya untuk model AirPods yang lebih baru, Apple dapat menawarkan HiFi sebagai tingkatan terpisah yang lebih mahal untuk pemilik AirPods yang kompatibel. Dengan demikian, pelanggan dengan AirPods yang lebih lama akan dapat mempertahankan langganan Apple Music mereka yang sudah ada tanpa dukungan HiFi.

Dukungan audio HiFi pada Apple Music akan memungkinkan pengguna untuk menikmati kualitas audio yang jernih dan ‘lembut’. Audio Hifi mampu meredam tingkat kebisingan dan distorsi sehingga suara yang dihasilkan terdengar seperti suara aslinya.
Dengan fitur HiFi, pengguna tak akan lagi mendengar gangguan-gangguan suara yang ada dalam sebuah musik.

Dilaporkan MacRumours, dalam versi beta pertama iOS 14.6, terdapat 3 kode yang merujuk pada teknologi audio HiFi. 3 kode yang baru ditambahkan pada iOS 14.6 versi beta ini menyebutkan secara khusus teknologi Hifi dari Dolby yaitu Dolby Atmos, Dolby Audio, dan LossLess.

Sebagai informasi, ketiga teknologi Dolby tesebut dapat dijalankan pada codec audio HiFi ALAC milik Apple. Namun, hingga kini Apple masih belum mendatangkan 3 teknologi HiFi milik Dolby tersebut dan masih menggunakan codec AAC dengan bitrate 256 kbps.
Kode tambahan dalam versi beta menunjukkan bahwa Apple dapat menggabungkan cara dinamis untuk Apple Music untuk beralih antara streaming audio standar dan terkompresi dan streaming dengan ketepatan tinggi.

Pada iPhone 12 dengan 5G, Apple memiliki “Smart Data Mode”, yang secara otomatis beralih antara koneksi 5G dan 4G / LTE tergantung pada kebutuhan pengguna saat ini, kekuatan koneksi, dan masa pakai baterai.

Menurut kode dalam versi beta, Apple dapat mengambil pendekatan serupa dengan dukungan HiFi di Apple Music, hanya menawarkan streaming audio dengan ketepatan tinggi kepada pengguna saat ada bandwidth yang cukup atau bergantung pada faktor lain seperti konsumsi data pengguna. Beberapa rumor mengungkapkan bahwa dukungan HiFi Apple Music akan hadir dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga:Apple Music Hadir di Perangkat Google Assistant

Apple sendiri diprediksi tak akan memberi biaya tambahan bagi pelanggan Apple Music untuk dapat menikmati teknologi audio HiFi.

Seperti dikeahui, Spotify telah mengumumkan rencana untuk memasukkan dukungan HiFi untuk pelanggan sekitar tahun ini, tetapi belum mengumumkan tanggal pastinya. Apple dilaporkan sedang bersiap untuk mengumumkan tingkatan HiFi baru segera setelah beberapa minggu bersamaan dengan rilis generasi ketiga AirPods