Trik Mengatasi Masalah Wifi di Sendi

Jakarta, Selular. ID – Menggunakan Wifi dinilai lebih leluasa dibanding dengan data seluler pribadi. Hal tersebut karena Wifi menawarkan koneksi internet tanpa batas, sehingga pengguna mampu dengan leluasa menjelajah internet, berangkat dari berselancar antar sosial jalan, ataupun mengunduh aplikasi.

Namun bagaimana jika jaringan Wifi ternyata lambat?

Wifi memang menawarkan internet tanpa pemisah, tetapi tak jarang pengguna serupa merasa kecepatannya lambat alias lemot. Ini sangat mungkin terjadi, pertama jika Kalian menggunakannya secara bersaingan sekaligus.

Bukan hanya itu saja, ada berbagai urusan yang bisa mengganggu kecepatan internet Wifi Kalian. Untuk menyiasati tersebut, yuk simak tips mengatasi urusan Wifi di rumah Kalian berikut ini:

Mengatasi Wifi

1. Analisis Masalah Pembukaan

Pada tahap ini, Kalian perlu mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah tersebut. Apakah betul-betul sinyal Wi-Fi yang bermasalah? Atau mungkin hal lain, seperti kemajuan koneksi yang rendah dari ISP Kalian?

Mulailah secara pemeriksa kecepatan seperti Speedtest. net atau nPerf. com. Jika Anda mendapatkan kecepatan transmisi data yang bagus di dekat router, tetapi buruk di dapur, maka, bagaikan yang dikatakan orang-orang admin, masalahnya terdapat di pihak Kalian. Kalau demikian, sekarang saatnya untuk sudut pandang lain – menganalisis jaringan Wi-Fi Anda.

Banyak aplikasi yang menentukan kekuatan tanda jaringan Wi-Fi tersedia untuk seluruh platform seluler dan desktop. Lulus ketik “penganalisis wifi (wifi analyzer) ” di mesin telusur atau toko aplikasi mana pun, dan Kalian akan melihat banyak alternatif. Pilih salah satu yang memvisualisasikan hasil untuk membantu Kalian mengumpamakan perspektif. Saat memilih aplikasi, menyimak tindakan pencegahan pada umumnya, pertama-tama pastikan aplikasi tidak memerlukan kanal ke kontak atau pesan Kalian, lalu lakukan pemindaian keamanan, misalnya dengan Kaspersky Security Cloud.

2. Lakukan percobaan perdana

Selanjutnya, cobalah bereksperimen dengan posisi router dan sudut antenanya untuk meningkatkan jangkauan. Nyatanya, ini merupakan metode paling biasa, tidak memerlukan waktu ekstra, uang, atau keahlian khusus. Misalnya, jika router Kalian terletak di ceruk atau sejenis lemari, terutama yang dibuat dari logam, coba pindahkan ke tempat lain. Logam bukanlah teman terbaik Wi-Fi, dan begitu pula pada beton bertulang.

Posisi antena router juga menyusun perbedaan besar. Google “router radiation pattern” untuk teori tersebut. Balik ke level praktis, perlu diingat bahwa dalam banyak kasus, kedudukan terbaik untuk antena router merupakan posisi tegak. Dengan cara tersebut, router Wi-Fi Kalian akan memperoleh jangkauan horizontal terbaik.

Juga periksa untuk melihat apakah ada sesuatu yang menghalangi. Kulkas, misalnya, adalah musuh gelombang radio, dan bukan salah satu barang yang dapat dengan mudah dipindahkan. Di sisi lain, microwave ataupun baby monitor – yang hidup pada 2, 4 GHz & bersaing untuk mendapatkan frekuensi sebanding dengan yang digunakan router.

3. Konfigurasi Saluran

Wi-Fi beroperasi dalam serangkaian pita sempit, yang disebut terusan, dari spektrum radio. Beberapa jalan tersedia, meskipun jumlah perangkat dengan ingin menggunakannya mungkin banyak. Oleh karena itu, pita paling populer (2, 4 GHz) dapat macet oleh derau dari jaringan tetangga dan perangkat lain.

Pada setiap reboot atau di waktu yang dijadwalkan, router memilih saluran yang paling bebas dibanding gangguan. Ini sebanding dengan jalan sistem navigasi memilih rute secara kemacetan paling sedikit.

Router biasanya menangani tugas itu sendiri dengan cukup baik, namun mungkin saja untuk diberikan intervensi. Misalnya, Kalian dapat mengonfigurasi router untuk mencari saluran tersumbat dengan otomatis dengan lebih sering, ataupun bahkan mengaturnya secara manual.

Tapi hati-hati saat melaksanakan yang terakhir; kemacetan spektrum sangat berubah-ubah, karena tidak hanya router Kalian, tetapi router tetangga juga terus-menerus dan secara otomatis mencatat saluran.

Beberapa router juga memungkinkan pengguna untuk mengganti kekuatan sinyal Wi-Fi. Periksa setelan router untuk melihat apakah sudah disetel ke nilai maksimum, dan jika tidak, maka itu mampu dilakukan.

Baca juga:   Perangkat Baru Huawei Bawa Dual 5G dan WiFi 6+

4. Pindah ke 5 GHz

Jika router Kalian saat ini tidak mendukung pita 5-GHz, Kalian mampu mencoba meningkatkan ke versi yang lebih modern dengan dukungan untuk standar 802. 11ac (alias Wi-Fi 5). Itu bukan lagi barang mewah; model paling terjangkau mulai dari harga sekitar $ 50.

Saat ini, tidak perlu menggunakan 802. 11ax (Wi-Fi 6) yang lebih canggih, yang mungkin masih cukup mahal. Memajukan ke Wi-Fi 6 kemungkinan akan memiliki dampak yang nyata cuma jika Anda memiliki banyak set Wi-Fi yang haus lalu lin di rumah.

Ingatlah, bagaimanapun beralih ke 5 GHz bukanlah solusi yang tepat. Cacat dari frekuensi yang lebih luhur adalah bahwa sinyal berkurang bertambah cepat dengan jarak, dan jangkauan efektif di apartemen atau panti yang lebih besar bisa cukup mengecewakan.

Itu seluruh tergantung pada apa masalah secara jaringan Wi-Fi Kalian. Jika spektrum 2, 4 GHz tempat Kalian tinggal tersumbat oleh jaringan orang lain, dan 5 GHz tersedia, pembaruan sangat membantu. Tetapi bila jaringan 2, 4 GHz Kamu tidak dapat menjangkau dapur Anda karena jarak dan banyaknya tebal telinga beton bertulang, 5 GHz barangkali juga tidak menjadi pilihan.

5. Gunakan Kabel

Kita sudah sangat terbiasa dengan kenyamanan Wi-Fi sehingga terkadang lupa tentang Ethernet berkabel yang sudah ada sejak lama namun jauh lebih bagus. Menghubungkan meniti kabel seringkali merupakan solusi termudah dan termurah untuk masalah Wi-Fi yang tampaknya tidak ada bintik temu.

Menggunakan asosiasi kabel dapat memberikan dua laba utama: Pertama, dapat menyelesaikan masalah di ruangan yang sulit menyambut Wi-Fi; kedua, jika Anda memindahkan setidaknya beberapa perangkat ke kabel, kualitas koneksi nirkabel pada unit lainnya cenderung meningkat. Tentu, Kaliam tidak dapat menghubungkan ponsel berpendidikan atau tablet dengan cara itu, tetapi tidak masalah untuk jinjing desktop atau TV pintar.

Jika kabel yang direntangkan di sekitar rumah Kalian merusak pemandangan dan tidak ada jalan mudah untuk menyembunyikannya, cobalah adaptor saluran listrik yang mentransmisikan sinyal jaringan melalui kabel listrik Kalian. Sisi negatifnya, peralatan saluran listrik menjadi tidak dapat diprediksi berbarengan waktu, dan terkadang menolak untuk berdampingan dengan kabel listrik lokal, ini adalah hal penting buat dicatat.

6. Melekatkan jaringan mesh

Barangkali yang terbaik adalah tetap memakai kit jaringan mesh yang telah jadi. Kit semacam itu ada dari sebagian besar produsen bahan jaringan utama. Mereka terdiri daripada router pusat dan beberapa bintik akses tambahan. Yang terakhir diatur sedemikian rupa sehingga sinyal mencapai bagian terjauh dari rumah ataupun apartemen. Dengan sistem mesh, zona cakupan jaringan Wi-Fi Anda sanggup seluas yang Anda inginkan – semuanya tergantung pada jumlah bintik akses tambahan.

Bertentangan dengan repeater tradisional, sistem dikelola secara terpusat (perangkat tambahan biasanya dikonfigurasi secara otomatis), yang menghemat banyak waktu dan tenaga. Kalau Kalian dapat menghubungkan titik kanal ke router melalui Ethernet, kejadian itu akan meningkatkan kecepatan serta area jangkauan. Jika tidak, tanpa khawatir, sistem mesh tidak berarti apa-apa jika tidak fleksibel.

Catatan penting lainnya ialah roaming yang cepat dan bersih. Artinya, video call dengan relasi tidak akan terganggu meskipun bagian keluarga mengeluarkan Kalian dari bagian ke suatu tempat yang dicakup oleh titik akses yang berbeda.
Roaming kualitas tinggi dalam smartphone atau komputer memerlukan pertolongan untuk rangkaian standar 802. 11k/r/v.

Kabar baiknya merupakan ini bukan lagi barang mewah; misalnya, perangkat seluler Apple, dimulai dengan iPhone 6s, mendukung ketiga standar tersebut.
Berikut kurang tip pengaturan lainnya. Agar roaming berfungsi dengan benar, jaringan 2, 4 GHz dan 5 GHz Kalian juga harus menggunakan konsolidasi nama dan sandi jaringan dengan sama. Adapun ID/kunci Domain Pergeseran, tidak perlu terlalu pintar – ini hanya label untuk menautkan segmen jaringan (beberapa router bahkan menyetelnya secara otomatis).

Jaringan mesh, tentu saja, memiliki biaya tambahan, tetapi Anda tidak perlu membayar banyak untuk set terbaik. Beberapa produsen menawarkan router yang mendukung meshing sebagai standar, jadi yang harus Kalian kerjakan adalah membeli poin tambahan terjangkau jika diperlukan. Kami tidak mengajukan untuk bereksperimen dengan peralatan mesh yang bercampur-campur dari vendor berbeda, maka pertimbangkan kemungkinan perluasan masa memilih sistem di masa kelak.